Minggu, 21 Oktober 2012

PENGALAMATAN E-MAIL

Pengalamatan E-Mail
Untuk mengirimkan sebuah e-mail maka di-haruskan menuliskan alamat tujuan atau alamate-mail (e-mail address) yang dituju. Alamat e-mailini terdiri dari tiga bagian, yaitu identitas pengguna,tanda @ (dibaca: at) yang berarti “lokasinya di”,dan nama domain tempat e-mail pengguna tersebut berada.
Untuk mengirim dan atau menerima suratelektronis, pemakai perlu menggunakan perangkatlunak e-mail semacam Eudora, Outlook Express, atauKmail. Alternatif yang lain adalah dengan meng-gunakan e-mail berbasis Web yang ditawarkan olehpelbagai portal seperti Yahoo dan Lycos.
 Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengiriman surat padaelektonis mail adalahsebagaiberikut.
a. Terdaftar pada salah satu penyedia email, misalnya ISP/provider ataupada website tertentu yang menyediakan fasilitas e-mail
 b. Alamat dan tujuan dari surat yang akan dikirim tersebut.
 c. Isi surat.
 Agar dalam pengiriman surat sampai ke tempat tujuan dengan benar,pengalamatan e-mail mempunyai bentuk dasar sebagai berikut.
 sinar_mandiri_penerbit@yahoo.co.id
a. Sinar_mandiri_penerbit adalah nama kotak surat (mailbox) atau namapengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver.
b. Yahoo.com, yaitu nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rincian-nya sebagai berikut.
 1) .co : second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasukkategori komersial
2) .id : top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar diotoritas domain Indonesia (id)Penulisan antara user ID dan host dipisahkan dengan simbol ”@” dibaca “at”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar